SMS GRATIS

selamat datang di blog Ridho Kinachi " silahkan tulis pesanan anda "
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 27 Oktober 2010

membuka situs yang di blokir

Selamat Membaca

Pembatasan akses melalui jaringan internet sudah menjadi masalah umum di banyak negara, terutama di wilayah Asia dan Lebih Utama Lagi di sekolahan saya . Jika akses ke suatu situs dan informasi dibatasi/diblokir oleh administrator jaringan atau ISP, maka pengguna yang berada di suatu tempat (sekolah, kantor, warnet, dll) atau negara akan mengalami kesulitan didalam mengaksesnya. Contoh layanan yang sering diblokir oleh berbagai sekolah adalah Facebook, Friendster dan situs yang berbau Por**(maaf, ini disensor) dan situs yang menurutnya tidak berguna bagi siswanya..

Pembatasan akses di lain pihak juga dilakukan oleh para penyedia konten untuk mencegah akses oleh pengguna yang berada di luar target pasarnya, biasanya karena masalah legal.

Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Di bawah ini adalah berbagai cara yang dapat Anda coba untuk mengakses situs yang diblokir.

1. Menggunakan alamat IP

Apabila aplikasi yang digunakan hanya memblokir nama domain saja (misal: *.youtube.com), cara filtering ini dapat disiasati dengan menggunakan alamat IP situs tersebut (misalnya untuk YouTube 209.131.36.158).

Untuk mengetahui alamat IP sebuah situs, kita dapat mencoba melakukan ping terhadap situs tersebut. Caranya masuk ke command prompt (Start > Run > ketik: cmd > Enter) dan ketik ping nama_situs.com lalu tekan enter. Maka akan muncul alamat IP situs tersebut.

Selain itu untuk mendapatkan alamat IP suatu situs juga bisa dilakukan melalui layanan Host to IP dan Whois Domain Tools.

2. Menggunakan Layanan Short URL

Jika kasusnya sama dengan di atas, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan layanan url shortening seperti TinyURL, MooURL dan SnipURL.

3. Menggunakan Arsip Online dan Cache

Beberapa mesin pencari seperti Google dan Yahoo menyimpan tembolok berbagai situs populer yang tetap bisa melihat isi dari situs walaupun yang aslinya telah diblok atau dihapus sekalipun. Klik link bertuliskan 'cached' maka kita akan dibawa ke halaman tembolok dari mesin pencari (apabila disimpan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar